Jobhun Talks

Jobhun x Festival Merajut Mimpi: Bangun Personal Branding di Jaringan Profesional

Good day, Jobhuners! Menurut data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun ini meningkat pada level 9,2% atau hampir 13 juta orang. Dalam sepuluh tahun terakhir, angka pengangguran tersebut menjadi yang tertinggi. Meningkatnya tenaga kerja dari kalangan fresh graduate dan berkurangnya lapangan pekerjaan karena banyak perusahaan yang terpaksa mengurangi jumlah lowongan atau bahkan gulung tikar. Fenomena seperti ini semakin memperketat persaingan bagi para pencari kerja (jobseeker)

Salah satu cara untuk survive as a jobseeker pencari kerja dapat survive dari persaingan ini adalah dengan memiliki profil yang kuat dan standout. Maka dari itu, tanggal (28/05) Jobhun berkesempatan untuk berkolaborasi bersama Festival Merajut Mimpi dengan mengadakan webinar bertajuk “Level Up Your Personal Branding for Your Future Career Development” untuk membantu para jobseeker dan fresh graduates memaksimalkan potensi dalam diri sekaligus mampu membentuk personal branding yang kuat untuk mempermudah mereka dalam proses pencarian kerja.

Kolaborasi Jobhun dan Festival Merajut Mimpi dalam webinar kali ini dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2021 dan dihadiri sebanyak 67 partisipan dengan menghadirkan dua narasumber. Webinar tersebut dibagi ke dalam dua sesi, yang mana sesi pertama dibawakan oleh Lanny Wijaya selaku LinkedIn Talent & Learning Specialist (Indonesia Market) dan kemudian pemateri di sesi kedua yaitu Octaviani Catherine sebagai People Team di Garena.

Pada sesi pertama Jobhun x Festival Merajut Mimpi, Lanny Wijaya menjelaskan pentingnya build out your Linkedin profile to develop your personal branding to level up your career. “Your network is your net worth” tutur nya yang artinya adalah jangan takut untuk connect with each other di Linkedin untuk menambah network di skala profesional sosial media. Skills terbanyak yang dicari oleh recruiter di Linkedin adalah data analyst, digital marketing, dan programming. Tips yang dibagikan oleh Lanny Wijaya untuk outstanding dan menjadi pembeda di antara pengguna lainnya adalah applying job secepat mungkin ketika company tersebut upload job hiring, mencari dan membangun koneksi “orang dalam” dari company tersebut, send message untuk menanyakan seputar posisi sebelum apply, dan temukan mentor kamu melalui networking di Linkedin.

Memasuki sesi kedua, webinar diisi oleh seorang pembicara yang menggeluti profesi pada divisi people team di Garena, Octaviani Catherine. Menurut penelitian Ladders 2018, recruiter hanya membutuhkan waktu 6 detik dalam mempertimbangkan seseorang layak atau tidak untuk bekerja di perusahaan tersebut hanya dengan melihat resumenya. Oleh karena itu, berdasarkan riset tersebut Octaviani membawakan topik personal branding untuk karir di masa depan. Terdapat 3 cara efektif untuk membangun branding yaitu melalui social media, resume, dan interview yang harus diawali dengan mengenal diri kita sendiri. Selain itu, Octaviani juga menyampaikan tips dalam menjawab interview dengan menggunakan STAR (Situation, Task, Action, and Result) Framework serta diawali dengan menyampaikan impresi yang baik kepada interviewer

Dari Jobhun Talks kali ini kita jadi tahu nih kalau mempunyai skills memang diperlukan, namun bagaimana cara kita menyampaikan skills tersebut juga harus diperhatikan. Salah satunya menggunakan LinkedIn, Jobhuners bisa menampilkan skill dan pengalaman agar dilirik oleh recruiter. Bagi Jobhuners yang merasa skills-nya masih kurang, kalian bisa menambah skills kalian melalui Jobhun Academy. Spesial banget untuk Jobhuners yang membaca artikel ini sampai akhir, kita kasih referral code untuk mendapatkan potongan senilai 100 ribu di kelas Jobhun Academy. Tinggal input “Jobhun X Merajut Mimpi” dan voila! You get 100K off!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *