Jobhun Talks

Jobhun x Kecilin: Eksplor Kemampuan Diri dalam Berkarier di Bidang Product Management

Hai Jobhuners! Memasuki era disruptif, teknologi dan inovasi terus bergerak ke arah yang semakin canggih. Perkembangan yang pesat membuat perusahaan harus gesit menghadapi tantangan di era 4.0. Sudah menjadi keharusan bagi para pekerja untuk menjadi agile khususnya bagian divisi product management yang merupakan divisi terpenting dalam suatu perusahaan yang berkaitan erat dengan produk yang dipasarkan. Maka dari itu diperlukan wawasan mengenai kompetensi yang harus dimiliki oleh para jobseeker yang ingin bekerja di bidang product management

Sebagai startup yang menaruh perhatian pada pengembangan karier, Jobhun bekerjasama dengan Kecilin, aplikasi penghemat kuota internet, menyelenggarakan sesi webinar dengan topik “Product Management: Recipe for a Great Product & Career Journey”. Dalam sesi ini akan dibahas mengenai  role, strategi membangun profil, dan pemahaman mengenai skills yang dibutuhkan seorang product manager yang agile di perusahaan startup.

Jobhun Talks kali ini membawakan dua pembicara ahli yang menggeluti bidang yang sama yaitu product manager. Pada sesi pertama, webinar dipaparkan oleh Sandy Priyatna selaku Head of Product Kecilin. Sesi kedua dilanjuti oleh pemaparan Deassy Rizky Syahputri selaku Product Manager TaniHub. Webinar ini diselenggarakan pada Rabu, 26 Mei 2021 pukul 15.00 – 17.20 yang dihadiri oleh 45+ audiens. 

Jobhun Talks kali ini diawali dengan meteri pertama yang disampaikan oleh Sandy Priyatna. Sandy menyampaikan materi mengenai product management terutama yang Ia lakukan di Kecilin. Sandy menjelaskan bahwa seorang product manager itu berbeda dengan project manager atau developer. Product manager lebih spesifik merupakan irisan dari divisi teknologi, UX (user experience) dan bisnis. Menurut Sandy, seorang product manager juga harus memiliki skill set yang mumpuni, meliputi strategic thinking, communication, public speaking, analytics, leadership, dan yang terpenting adalah “be a jack of all trades“, karena seorang product manager harus paham seluk beluk perusahaan dari segala lini.

Materi yang disampaikan oleh Deassy (Product Manager TaniHub) adalah mengenai “Becoming Product Manager”. Deassy menjelaskan bagaimana menjadi product manager end-to-end dan tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh seorang Product Manager. Untuk menjadi seorang product manager bisa dari major apapun, tetapi harus memiliki kemauan untuk belajar akan tren dari sebuah product yang akan dipasarkan. Apabila Jobhuners ingin memilih Product Manager sebagai vision career untuk masa depan, Deassy menyarankan untuk membaca buku “The Lean Product Playbook”, “Inspired”, dan “Product Roadmaps Relauncher”. Hal ini sebagai referensi Jobhuners untuk menumbuhkan fundamental dalam menjadi Product Manager.

Melalui Jobhun Talks kali ini, Jobhuners dapat memahami dan belajar dari apa yang telah dipaparkan oleh kedua narasumber yaitu bagaimana untuk berkarir khususnya product management dalam suatu perusahaan tentunya memerlukan banyak hal mulai dari belajar skills baru dan kemauan untuk belajar. Selain mendapatkan insight baru, Jobhuners juga akan mendapatkan penawaran spesial dari Jobhun X Kecilin yaitu referral code yang telah dipersiapkan. Jobhuners! jangan lupa join di next Jobhun Talks ya karena selain belajar pengetahuan baru, kalian juga akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik lain nya. So, see you in the next talks Jobhuners!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *