Site Loader
Jobhun Speak Ep. 8 Gali skill melalui volunteer

“Orang-orang sekarang itu semakin saling terhubung, tapi anehnya empatinya malah kurang.”

Begitu statement dari I Made Arga Swarsa atau biasa dipanggil Mas Arga, Founder Sebung Surabaya, ketika Jobhun bertanya mengapa membangun Sebung sebagai komunitas sosial. Sebung adalah komunitas sosial asal Surabaya yang memiliki kegiatan utama berbagi makanan (nasi bungkus) pada masyarakat yang kurang beruntung. Komunitas yang biasanya berbagi pada hari Jum’at ini, nggak memiliki anggota tetap. Siapa saja boleh bergabung dan ikut berbagi, nggak perlu takut terikat komitmen. Meskipun nggak terikat komitmen, banyak skill yang bisa Jobhuners dapat selama berkegiatan sebagai volunteer di Sebung loh!

Sebung sebagai “Kapal”

Sebagai Founder Sebung, Mas Arga mengibaratkan Sebung sebagai kapal. Kapal sosial yang bisa jadi wadah bagi individu yang punya ketertarikan di bidang sosial untuk mencapai tujuan yang sama bareng-bareng. Sebung bisa kamu jadikan pilihan untuk membagikan semangat berbagi dan jadi media “mengulik” kegelisahan diri lewat berbagai kegiatan untuk kamu bisa dapat esensi empati. Kegiatan volunteer seperti Sebung ini juga yang menjadi alasan Mas Arga sebagai founder untuk bisa terus berdaya bagi orang lain.

Walaupun komunitas Sebung ini hanya volunteer dan bersifat sukarela, tapi kamu bisa menumbuhkan soft skill dan kemampuan bersosialmu. Melalui Sebung, kamu bisa belajar konsisten, komunikasi, toleransi, bahkan komitmen dan networking bareng anggota Sebung lainnya. Karena anggota Sebung berasal dari berbagai background, kamu bisa belajar banyak hal dan mendapatkan insight baru tiap ketemu, jadi lingkungan sekelilingmu bakal dinamis banget. Belajar untuk nggak takut salah dan bagaimana menghadapi kesalahan juga bakal kamu dapatkan, karena toleransi juga salah satu value yang biasanya dimiliki sebuah komunitas sosial. Selain soft skill yang beragam, keikutsertaan pada kegiatan volunteer bisa jadi nilai plus di CV-mu, lho! Volunteer bisa menjadi representasi bahwa kamu individu yang punya jiwa sosial dan empati yang tinggi.

Bagi kamu yang tertarik mengikuti kegiatan volunteer, Mas Arga pesan untuk mulai paham tentang self awareness kamu karena semakin kamu kenal dirimu, semakin kamu tahu apa maumu dan tujuanmu. Eksplor dunia NGO (Non Governement Organization) atau bidang non-profit supaya kamu punya gambaran apa saja hal yang bisa kamu lakuin sebagai seorang volunteer nantinya. Dan tentunya asah terus semangat berbagi dan berdayamu, ya!

Jobhuners dapat mendengarkan full version podcast Jobhun Speak episode 8 bersama Mas Arga ini melalui Spotify di sini. Untuk baca artikel menarik Jobhun lainnya, bisa klik tautan ini.

Fajarika Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *