Jobhuners, magang bisa jadi bekal pengalaman bekerja yang tak ternilai harganya. Magang di e-commerce kini juga bisa jadi pilihan populer yang bisa kamu coba selama jadi mahasiswa atau fresh graduate. Inilah kisah dan pengalaman Deinara Salwa saat magang di Shopee sebagai Project Marketing.
Bagaimana ya keseruannya? Intip aja yuk langsung lewat tanya jawab Cerita Karier Deinara bersama Jobhun berikut ini!
Halo, Deinara, Jobhun mau kenalan nih, perkenalkan diri dong!
Hai, teman-teman! Namaku Deinara dan sekarang aku bekerja di salah satu multinational company sebagai Project Marketing. Kali ini aku mau cerita sedikit tentang pengalamanku selama magang di Shopee sebagai Marketing Project Intern.
Buat yang tertarik magang di Shopee atau lebih spesifik di bidang Marketing Project Live Stream, simak ya. Siapa tahu bisa membantu, hehe
Bagaimana sih awal cerita Deinara magang di Shopee?
Cerita dari awal banget kali ya, haha. Aku lulus bulan Maret tahun 2020. Semasa kuliah aku baru magang satu kali untuk menambah pengalaman karena memang tidak ada ketentuan wajib magang di kampusku.
Sejujurnya, aku udah apply magang di Shopee mulai dari tengah semester hingga akhir semester. Namun tidak ada yang tembus haha. Sekitar bulan April (awal pandemi), aku apply magang di Shopee sebagai Copywriter.
Alhamdulillah aku dapat undangan untuk interview. Namun lagi dan lagi, aku gagal. For months I was struggling to find a job, knowing we’re in a global pandemic. Aku cari banyak kerjaan freelance supaya ada pemasukan.
Sampai pada akhirnya di bulan September, setelah menunggu berbagai jawaban dari banyak perusahaan, aku mendapatkan undangan interview dari Shopee di posisi Marketing Project (Internship).
I was so excited, but I can’t tell my parents because I always made them disappointed for not getting the job. Yet this time, I got it.
Bagaimana Deinara menjalani proses seleksinya?
Proses seleksinya cukup singkat. Ketika mendapatkan undangan interview, aku juga diminta untuk memilih posisi yang aku inginkan di dalam Marketing Project.
Pilihannya cukup banyak, mulai dari ShopeeFeed KOL, Project Coordination, ShopeeLive Content, ShopeePay Graphic Designer, dan masih banyak lagi. Setelah baca tiap job description-nya, aku memilih ShopeeLive Content karena aku tertarik untuk mempelajari in-app streaming platform yang sedang “naik daun” di media sosial.
Setelah melakukan interview online dengan HR, sore harinya aku mengerjakan math test yang diberikan. It was a basic math, so you don’t have to worry haha. Sekitar tiga minggu kemudian aku mendapatkan undangan interview dengan user.
Alhamdulillah dua hari kemudian aku mendapatkan offer.
Bagaimana sih pekerjaan seorang Marketing Project itu?
Secara singkat, tugas utama dari seorang Marketing Project adalah mencari strategi marketing untuk memasarkan “produk” yang dijual. Strategi marketing yang dilakukan bisa berupa research mengenai tren yang sedang digemari banyak orang agar mencapai goals yang sudah dibuat, entah itu mendapatkan target audience, membentuk buyer persona, dan sebagainya.
Dikarenakan aku bekerja sebagai Marketing Project yang fokus di bidang live stream, strategi marketing yang dilakukan adalah membuat dan mengembangkan konten untuk program-program di ShopeeLive. Buat yang belum tahu, ShopeeLive merupakan in-app streaming platform milik Shopee.
Apa yang dilakukan Deinara sebagai Marketing Project Intern di Shopee?
Sebagai Marketing Project Intern di bidang live stream content, sudah pasti kerjaanku membuat konten. Aku membantu Senior Creative-ku untuk mengerjakan dan mengembangkan konten untuk beberapa program di ShopeeLive agar bisa dinikmati Sobat Shopee*.
Program-program ShopeeLive yang aku pegang adalah Shopee Lelang (bekerja sama dengan brand untuk menjual produknya melalui lelang), Shopee Ena Ena (berkolaborasi dengan tim ShopeePay untuk memasarkan restoran yang bekerja sama dengan ShopeePay dengan konsep mukbang), dan beberapa program bersama mega KOL seperti Nagita Slavina di Toko Mama Gigi, Gisella Anastasia di Gisel Official Store, Citra Kirana di Ciki Official Shop, dan Irish Bella di Irish Bella Official Store.
Program tersebut bekerja sama dengan brand untuk memasarkan produknya melalui mega KOL tersebut sebagai host yang “berjualan” di tokonya. Seru-seru banget kan program-nya, hihi.
*Sobat Shopee: nama panggilan untuk pengguna Shopee.
Bagaimana Deinara menilai work environment saat intern di Shopee?
I would rate 10 out of 10 for the experience. Pekerjaannya seru banget, karena bisa ketemu orang baru dan main ke rumah artis haha. Dan juga menurutku work environment di Shopee sangat positif, karena semua karyawan di sini selalu menyemangati dan memotivasi satu sama lain.
Kalau ada pekerjaan yang sulit pun aku sebagai intern selalu dibantu dan dibimbing oleh senior creative. Bahkan banyak hal baru yang diajarkan oleh semua senior creative di sini. Itu hal yang paling gak bakal aku lupain dari pengalaman magangku di Shopee, sih.
Bagaimana latar belakang Deinara hingga bisa terjun dalam profesi ini?
Aku sebenarnya adalah seorang linguistic graduate, jadi nggak ada latar belakang marketing sama sekali. Bisa dibilang aku belajar marketing sendiri. Tapi menurutku marketing bisa dan bahkan harus dipelajari semua orang karena bidang ini berguna banget untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.
Sebagai contoh, kita mau melamar suatu pekerjaan. Tentu kita harus bisa “memasarkan” diri kita sendiri agar dianggap cocok atau sesuai dengan bidang pekerjaan yang kita lamar tersebut.
Kita harus bisa membentuk persona agar orang lain bisa percaya, sehingga “target” kita bisa tercapai. Sama aja kayak strategi marketing, kan? Hehe. Selain itu, poin plus belajar marketing adalah kamu bisa bikin bisnis sendiri.
Tentu akan ada lebih banyak lagi yang harus dipelajari, tapi setidaknya kamu paham dengan pengertian dasar marketing yang bisa diterapkan di bisnismu nanti.
Apa sih tantangan yang dihadapi Deinara selama magang?
Since I am working to create content, I have to be creative all the time haha!
Akan selalu ada waktu di mana aku merasa stuck, nggak tahu mau bikin konten apa yang bisa menarik perhatian Sobat Shopee. But lucky me, semua senior creative di sini kreatif-kreatif banget!
Mereka selalu paham dan up-to-date tentang tren yang lagi happening. Jadi aku gak kudet-kudet amat, hahaha. Dan satu lagi, internet. Karena live stream alias ditayangkan secara langsung melalui platform, kita harus pastiin internet aman.
Kalau internet lagi gak bersahabat, well… That’s bad.
Skill apa yang paling membantu Deinara berkembang di bidang ini?
Skill komunikasi.
Aku selalu bertemu orang baru dari berbagai latar belakang dan harus tektokan sama mereka, jadi skill utama yang harus aku kuasai adalah komunikasi.
Melalui pengalaman magang ini, aku jadi bisa belajar cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, karena melalui komunikasi, kamu bisa mencapai goals dua belah pihak, goals internal dan goals klien atau brand yang bekerja sama denganmu.
Share tips dong ala Deinara buat Jobhuners yang ingin magang di Shopee juga!
Sering-sering cek job portal atau website Shopee Career. Lowongan magang di Shopee akan selalu ada kok, jadi harus rajin-rajin cek ya!
Saingan pasti banyak, oleh karena itu, buat CV-mu menjadi menarik agar kamu lebih stand out dibanding pesaing lainnya. Jangan lupa juga berdoa. When you fail, believe that you are not left behind nor less fortunate than others, your time will soon arrive. Semangat untuk para Jobhuners!
Nah, Jobhuners, itulah Cerita Karier Deinara Salwa saat menjalankan program magang di Shopee. Seru banget ya? Semoga pengalaman Deinara ini bisa menginspirasi!