Jobhuners, pernah nggak sih? Kamu ingin beli air mineral dengan menyebutkan merek tertentu. Padahal, merek yang kamu sebutkan “itu”, produknya berbeda dengan minuman yang kamu bayar. Kamu menganggap semua air kemasan itu bisa terwakilkan dengan “nama akrab” yang lebih mudah diingat oleh nama yang kamu sebutkan biasanya. Jadi, hal tersebut dikenal dengan kekuatan brand. Supaya gampang diingat, kelihatan menarik, dan melekat di benak khalayaknya, sebuah produk memang perlu dimodifikasi sedemikian rupa. Tugas seorang brand strategist, supaya nilai-nilai produk bisa dipahami dan tersampaikan pada sang calon konsumen.
Brand strategist harus memformulasikan strategi supaya brand bisa terasa begitu dekat dengan audiensnya. Ia membentuk persepsi khalayak mengenai citra produk dengan kreativitas visual atau verbal. Agar mempengaruhi bagaimana keputusan pembelian jangka panjang hingga jangka pendeknya.

Tugas utama seorang brand strategist
Seorang brand strategist umumnya bekerja dalam lingkaran tim marketing. Posisi ini mempunyai kekuatan yang besar untuk kemudian mengkomunikasikan brand dari produknya, agar bisa dikenal dan mendapatkan kesan tertentu oleh khalayak. Maka dari itu, inilah tugas utama seorang brand strategist:
- Selalu up-to-date dengan trend pasar dan konsumen
- Menganalisis data, research, serta trend yang sedang diminati oleh target audiens
- Membuat brand stories
- Memahami peluang, tantangan, & kesempatan yang ada dalam setiap situasi
- Mengembangkan brand dari segi positioning beserta strateginya
Kualifikasi umum
Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi brand strategist, kamu perlu memahami beberapa kualifikasinya. Di bawah ini, Jobhun telah melakukan riset pada berbagai lowongan pekerjaan yang tengah mencari keprofesian ini untuk bekerja dalam perusahaannya. Berikut ini persyaratan umum yang harus dipenuhi:
- Lulusan bisnis, marketing, branding, komunikasi, atau yang berhubungan
- Berpengalaman dengan strategi brand dan sejenisnya
- Kemampuan analisis & problem-solving yang tajam
- Kreatif dan punya bakat dalam story telling
- Kemampuan untuk melakukan riset secara tepat
Nah, gimana menurutmu, Jobhuners? Cukup menarik, ya? Coba sharing dong. Brand apa yang menurutmu punya ciri khas paling unik?